Upaya Untuk Menstabilkan Gula Darah Dalam Batas Normal

Berikut beberapa cara terbaik untuk membantu mencapai dan mempertahankan kadar gula darah yang normal

1.      Konsumsi Makanan yang Tepat

Mengosumsi makanan sehat adalah landasan hidup sehat, bukan berarti harus menghindari mengkomsumsi karbohidrat atau gula ketika mencoba untuk menjaga gula darah kembali normal. Hanya saja, perlu asupan yang seimbang dari protein dan lemak.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah upayakan untuk mengosumsi makanan dalam bentuk aslinya, bukan olahan. Semua makanan yang mengandung protein, serat dan lemak sehat dapat membantu menstabilkan gula darah, terutama ketika mengkonsumsi karbohidrat atau gula seperti kentang, buah atau biji-bijian. Hal ini mampu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, membantu mengontrol nafsu makan dan juga berperan dalam proses metabolisme dan pencernaan.

Jangan lupa minum air putih yang cukup selain mencegah dehidrasi mampu membantu ginjal menghalau resiko kelebihan gula darah melalui urin.

2.      Olah Raga Teratur

Olah raga jangka pendek membantu sel-sel di otot mengabil lebih banyak glukosa yang mengubahnya menjadi energi, sehingga mampu menurunkan gula darah. Sedangkan olah raga jangka panjang akan membuat sel-sel lebih responsif terhadap insulin dan membantu mencegah resistensi.

Luangkan waktu untuk berolah raga setidaknya 30 menit sampai 60 menit dalam sehari selama 3 kali seminggu seperti berlari, bersepeda, berenang, atau hanya sekedar jalan santai.

3.      Kendalikan Stres

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat akibat peningkatan pelepasan kortisol alias hormon stres. stres memicu siklus hormonal bagi banyak orang. Akibatnya tidak hanya membuat gula darah meningkat, namun juga cenderung membuat keinginan untuk terus makan terlebih makanan yang manis.

Cara penghilang stres alami adalah olah raga, yoga, meditasi dan menggunakan minyak esensial ( seperti lavender dan mawar ) yang bisa membantu penderita diabetes dan orang-orang dengan resistensi insulin bisa lebih rileks. Cara lainnya adalah dengan menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah, seperti bertemu dengan teman, sahabat, ataupun pasangan yangmembuat suasana hati menjadi lebih baik.

4.      Istirahat yang Cukup

Tidur terlau sedikit, akan menyebabkan kualitas tidur yang buruk atau tidur pada waktu yang salah dapat mengganggu sekresi insulin. Idealnya tidur yang baik berkisar antara tujuh sampai sembilan jam per malam. Apalagi didukung dengan jadwal tidur dan bangun yang normal. Tidur yang cukup dapat menyeimbangkan hormon, menghindari stres, dan memiliki energi yang cukup untuk berolah raga atau beraktivitas pada esok harinya.

5.      Rutin Mengecek Gula Darah

Mengukur dan memantau kadar gula darah dapat membantu mengendalikan gula darah. Hal ini mampu mengontrol kadar gula darah pada batas normal, dan membantu menentukan apakah perlu melakukan penyesuaian dalam mengonsumsi makanan. Selain itu  dapat membantu mengetahui bagaimana tubuh bereaksi terhadap makanan tertentu.

6.      Mengontrol Porsi Makanan

Mengontrol porsi makan akan membantu mengatur asupan kalori dalam tubuh, dan secara tidak langsung mampu menurunkan berat badan. Akibatnya dapat menghasilakn kadar gula darah yang sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk mengontrol porsi makan :

 Ø  Perhatikan ukuran dan berat makanan

 Ø  Gunakan piring yang lebih kecil

 Ø  Hindari makanan di restoran all-you-can-eat

 Ø  Baca label kandungan makanan dan lihat seberapa besar porsinya

 Ø  Membuat jurnal makanan

 Ø  Makan perlahan-lahan


Share
Facebook Google Twitter