Upaya Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan meliputi 4 kategori sebagai berikut :

1.      Pencegahan Primordial

Pencegahan primordial adalah upaya mencegah adanya faktor risiko penyakit jantung koroner pada daerah/ individu yang belum tampak adanya faktor-faktor risiko penyakit jantung koroner.

2.      Pencegahan Primer

Pencegahan primer adalah upaya mencegah atau menghambat berjangkitnya penyakit jantung koroner.

3.      Pencegahan Sekunder

Pencegahan sekunder adalah upaya mencegah atau menghambat manifestasi ulangan penyakit jantung koroner yang telah terjadi.

4.      Pencegahan Tersier

Pencegahan tersier adalah upaya mencegah komplikasi dari penyakit jantung koroner. 


Upaya mencegah penyakit jantung koroner melaui modifikasi berbagai faktor risiko koroner sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja. Oleh karena sebagian besar faktor-faktor itu berhubungan dengan pola hidup yang tidak sehat. Usahakanlah untuk tidak merokok, atau berhenti merokok, diet dengan kadar lemak yang rendah, mengurangi makanan yang mengandung kolesterol, seperti otak, jeroan, kuning telur, udang, dan kepiting. Mengurangi konsumsi lemak jenuh, seperti minyak kelapa, mentega, minyak kelapa sawit, mencegah kegemukan dengan diet, dan olah raga. Dengan berolah raga 3 kali perminggu, 30 hingga 60 menit akan sangat membantu pengendalian faktor-faktor risiko lainnya.

Mengendalikan hipertensi, dengan diet rendah garam, mengurangi lemak dalam makanan, mengurangi berat badan, mengurangi stres dengan olah raga teratur, dan obat-obatan. Mengobati stres dengan mengetahui masalah yang menyebabkan stres dan mencari jalan keluarnya. Mengendalikan diabetes melitus melalui diet, olah raga yang teratur, dan obat. Memang terasa sulit untuk melaksanakan usaha-usaha itu kecuali kemauan keras untuk sedapat-dapatnya mengurangi faktor risiko koroner seminimal mungkin.


Share
Facebook Google Twitter