Indikator Mutu Rumah Sakit Rama Hadi Tahun 2018



A. Data Indikator Mutu Area Klinis Rumah Sakit Rama Hadi Semester 1 Tahun 2018

No Area Indikator TAHUN
TARGET JAN FEB MAR APR MEI JUN
1 Asesmen Pasien Kelengkapan pengisian asesmen awal medis pasien baru 1x24 jam setelah pasien masuk rawat inap 90% 99% 100% 100% 100% 91% 98%
2 Pelayanan Laboratorium Angka kerusakan sample darah 1% 0,1% 0% 0% 0% 0% 0%
3 Pelayanan Radiologi & diagnostic Imaging Angka kejadian reject analysis pemeriksaan radiologi <5% 1,8% 0,7% 0,6% 4,2% 2,2% 2,7%
4 Prosedur Bedah Kepatuhan pelaksanaan time out pada tindakan medis operatid di ruang operasi 90% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
5 Pelayanan anastesi dan sedasi Kepatuhan inform consent sebelum melakukan sedasi 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
6 Penggunaan antibiotika dan obat lain Kesesuaian penulisan resep dengan formularium 95% 99% 99% 99% 99% 99% 99%
7 Kesalahan medikasi dan kejadian nyaris cidera Angka kesesuaian pengambilan obat dengan resep 100% 97% 99% 99% 99% 99% 99%
8 Penggunaan darah dan produk darah Waktu tunggu hasil pemeriksaan darah rutin < 15 menit pada pasien rawat jalan 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
9 Ketersediaan isi dan penggunaan catatan pasien Kelengkapan pengisian resume medis pasien oleh DPJP 100% 72% 76% 77% 58% 73% 64%
10 Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, Surveilance dan Pelaporan Insiden rate phlebitis pada pasien rawat inap <25% 5% 18% 23% 23% 21% 22%



B. Data Indikator Mutu Area Manajemen Rumah Sakit Rama Hadi Semester 1 Tahun 2018

No Area Indikator TAHUN
TARGET JAN FEB MAR APR MEI JUN
1 Pengadaan rutin perlatan kesehatan dan obat untuk memenuhi kebutuhan pasien Keseuaian permintaan obat ke supplier 80% 99% 100% 100% 100% 100% 100%
2 Pelaporan yang diwajibkan oleh peraturan Perundang – undangan Ketepatan watu pelaporan SIR VI ke Dinas Kesehatan Kabupaten sebelum tanggal 10 Sebelum tanggal 10 4 5 5 7 4 5
3 Manajemen risiko Kejadian petugas tertusuk jarum bekas pasien 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0%
4 Manajemen penggunaan sumber daya Ketepatan jadwal pemelihaaran AC rawat inap 90% 11% 12% 14% 15% 16% 15%
5 Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga Tingkat kepuasan pasien dan keluarga di unit rawat inap 80% 83% 95% 87% 88% 78% 83%
6 Harapan dan kepuasan staf Angka kepuasan pegawai berdasarkan survey kepuasan 80% Data diambil satu tahun sekali
7 Demografi pasien dan diagnosis klinik Ketepatan pelaporan 10 penyakit terbanyak di Unit Rawat Inap dan Rawat Jalan ke Dinas kesehatan Kabupaten sebelum tanggal 10 Sebelum tanggal 10 3 5 5 7 4 5
8 Manajemen keuangan Ketepatan waktu tunggu pelayanan kasir pasien umum rawat jalan ≤ 10 menit 90% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
9 Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien, keluarga pasien dan staf Kepatuhan paramedic dalam pemakaian APD di unit rawat inap 100% 87% 100% 100% 100% 100% 100%



C. Data Indikator Mutu Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit Rama Hadi Semester 1 Tahun 2018

No Area Indikator TAHUN
TARGET JAN FEB MAR APR MEI JUN
1 Identifikasi pasien Ketepatan pelaksanaan standar identifikasi pasien pada pemberian gelang pasien untuk pasien rawat inap 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
2 Meningkatkan komunikasi efektif Kepatuhan DPJP dalam melakukan verifikasi setelah melakukan komunikasi verbal / per telepon antara dokter jaga dengan dokter spesialis 100% 98% 92% 93% 100% 100% 79%
3 Keamanan penggunaan obat high alert Kepatuhan penyimpanan obat high alert di ruang rawat inap 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
4 Kepastian benar lokasi operasi, benar prosedur dan benar pasien Kepatuhan pelaksanaan prosedur Site Marking sebelum tindakan operasi 100% 86% 73% 78% 58% 57% 60%
5 Pengurangan risiko infeksi terkait pelayana kesehatan Presentasi kepatuhan cuci tangan staf unti rawat inap 100% 90% 75% 90% 90% 75% 100%
6 Pengurangan risiko bahaya akibat pasien jatuh Kepatuhan Kelengkapan Pengisian Asesmen Risiko Jatuh Pasien Baru Rawat Inap saat pasien diterima di rawat inap baik dari IGD maupun rawat jalan 100% 72% 32% 81% 68% 28% 32%



D. Data Indikator Mutu International Library Rumah Sakit Rama Hadi Semester 1 Tahun 2018

No Area Indikator TAHUN
TARGET JAN FEB MAR APR MEI JUN
1 Aspirin at arrival Pasien ACS yang diberikan aspirin dalam 24 jam sejak pasien masuk 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
2 Aspirin prescribe at discharge Aspirin diresepkan pada pasien AMI saat pulang 100% 97% 100% 100% 100% 100% 100%
3 Beta blocker prescribe at discharge Beta blocker diresepkan pada pasien AMI saat pulang 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
4 Exclusive breast feeding Keberhasilan pemberian ASI ekslusif pada pasien bayi baru lahir selama berad di Rumah Sakit 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
5 Patient falls Kejadian pasien jatuh dengan atau cidera di seluruh ruang / area rawat inap 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0%




A. Data Indikator Mutu Area Klinis Rumah Sakit Rama Hadi Juli - September 2018

No Area Indikator TAHUN
TARGET JUL AGU SEP
1 Asesmen Pasien Kelengkapan pengisian asesmen awal medis pasien baru 1x24 jam setelah pasien masuk rawat inap 90% 96% 100% 100%
2 Pelayanan Laboratorium Angka kerusakan sample darah 1% 0% 0% 0%
3 Pelayanan Radiologi & diagnostic Imaging Angka kejadian reject analysis pemeriksaan radiologi <5% 3,1% 1% 0,6%
4 Prosedur Bedah Kepatuhan pelaksanaan time out pada tindakan medis operatid di ruang operasi 90% 80% 82% 86%
5 Pelayanan anastesi dan sedasi Kepatuhan inform consent sebelum melakukan sedasi 90% 89% 88% 100%
6 Penggunaan antibiotika dan obat lain Kesesuaian penulisan resep dengan formularium 95% 99% 99% 100%
7 Kesalahan medikasi dan kejadian nyaris cidera Angka kesesuaian pengambilan obat dengan resep 100% 100% 99% 99%
8 Penggunaan darah dan produk darah Waktu tunggu hasil pemeriksaan darah rutin < 15 menit pada pasien rawat jalan 100% 100% 100% 100%
9 Ketersediaan isi dan penggunaan catatan pasien Kelengkapan pengisian resume medis pasien oleh DPJP 100% 42% 48% 46%
10 Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, Surveilance dan Pelaporan Insiden rate phlebitis pada pasien rawat inap <25% 30% 24% 22%



B. Data Indikator Mutu Area Manajemen Rumah Sakit Rama Hadi Juli - September 2018

No Area Indikator TAHUN
TARGET JUL AGU SEP
1 Pengadaan rutin perlatan kesehatan dan obat untuk memenuhi kebutuhan pasien Keseuaian permintaan obat ke supplier 80% 100% 100% 100%
2 Pelaporan yang diwajibkan oleh peraturan Perundang – undangan Ketepatan watu pelaporan SIR VI ke Dinas Kesehatan Kabupaten sebelum tanggal 10 Sebelum tanggal 10 5 6 5
3 Manajemen risiko Kejadian petugas tertusuk jarum bekas pasien 0% 0% 0% 0%
4 Manajemen penggunaan sumber daya Ketepatan jadwal pemelihaaran AC rawat inap 90% 55% 69% 64%
5 Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga Tingkat kepuasan pasien dan keluarga di unit rawat inap 80% 83% 95% 87%
6 Harapan dan kepuasan staf Angka kepuasan pegawai berdasarkan survey kepuasan 80%
7 Demografi pasien dan diagnosis klinik Ketepatan pelaporan 10 penyakit terbanyak di Unit Rawat Inap dan Rawat Jalan ke Dinas kesehatan Kabupaten sebelum tanggal 10 Sebelum tanggal 10 5 6 5
8 Manajemen keuangan Ketepatan waktu tunggu pelayanan kasir pasien umum rawat jalan ≤ 10 menit 90% 100% 100% 96%
9 Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien, keluarga pasien dan staf Kepatuhan paramedic dalam pemakaian APD di unit rawat inap 100% 100% 100% 100%



C. Data Indikator Mutu Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit Rama Hadi Juli - September 2018

No Area Indikator TAHUN
TARGET JUL AGU SEP
1 Identifikasi pasien Ketepatan pelaksanaan standar identifikasi pasien pada pemberian gelang pasien untuk pasien rawat inap 100% 100% 100% 100%
2 Meningkatkan komunikasi efektif Kepatuhan DPJP dalam melakukan verifikasi setelah melakukan komunikasi verbal / per telepon antara dokter jaga dengan dokter spesialis 100% 84% 100% 100%
3 Keamanan penggunaan obat high alert Kepatuhan penyimpanan obat high alert di ruang rawat inap 100% 100% 100% 100%
4 Kepastian benar lokasi operasi, benar prosedur dan benar pasien Kepatuhan pelaksanaan prosedur Site Marking sebelum tindakan operasi 100% 58% 57% 58%
5 Pengurangan risiko infeksi terkait pelayana kesehatan Presentasi kepatuhan cuci tangan staf unti rawat inap 100% 79% 75% 100%
6 Pengurangan risiko bahaya akibat pasien jatuh Kepatuhan Kelengkapan Pengisian Asesmen Risiko Jatuh Pasien Baru Rawat Inap saat pasien diterima di rawat inap baik dari IGD maupun rawat jalan 100% 25% 25% 4%



D. Data Indikator Mutu International Library Rumah Sakit Rama Hadi Juli - September 2018

No Area Indikator TAHUN
TARGET JUL AGU SEP
1 Aspirin at arrival Pasien ACS yang diberikan aspirin dalam 24 jam sejak pasien masuk 100% 100% 100% 100%
2 Aspirin prescribe at discharge Aspirin diresepkan pada pasien AMI saat pulang 100% 100% 100% 100%
3 Beta blocker prescribe at discharge Beta blocker diresepkan pada pasien AMI saat pulang 100% 100% 100% 100%
4 Exclusive breast feeding Keberhasilan pemberian ASI ekslusif pada pasien bayi baru lahir selama berad di Rumah Sakit 100% 100% 100% 100%
5 Patient falls Kejadian pasien jatuh dengan atau cidera di seluruh ruang / area rawat inap 0% 0% 0% 1,8%