Indikator Mutu Rumah Sakit Rama Hadi Tahun 2019



A. Data Indikator Mutu Area Klinis Rumah Sakit Rama Hadi Tahun 2019

No Area Indikator TARGET 2019
JAN FEB MAR APR MEI JUN JUL AGU SEP OKT NOV
1 Asesmen Pasien Kelengkapan pengisian asesmen awal medis pasien baru 1x24 jam setelah pasien masuk rawat inap 90% 93% 94% 95% 96% 97% 98% 89% 91% 91% 97% 97%
2 Pelayanan Laboratorium Angka kerusakan sample darah 1% 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0%
3 Pelayanan Radiologi & diagnostic Imaging Waktu hasil ekspertise pemeriksaan radiologi ≤ 24 jam 80% 98% 96% 96% 97% 97% 90% 94% 94% 91% 92% 95%
4 Prosedur Bedah Pemberian antibiotic profilaksis sebelum melakukan tindakan operasi 90% 71% 77% 96% 78% 75% 81% 73% 100% 100% 100% 100%
5 Pelayanan anastesi dan sedasi Kepatuhan pelaksanaan time out pada tindakan medis operatif di ruang operasi 90% 90% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
6 Penggunaan antibiotika dan obat lain Kesesuaian penulisan resep dengan formularium 95% 99% 98% 99% 99% 99% 99% 98% 96% 97% 99% 99%
7 Kesalahan medikasi dan kejadian nyaris cidera Angka kelengkapan penulisan resep 100% 100% 99% 99% 99% 99% 100% 99% 99% 99% 88% 91%
8 Penggunaan darah dan produk darah Waktu tunggu hasil pemeriksaan darah < 140 menit pada pasien rawat jalan 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
9 Ketersediaan isi dan penggunaan catatan pasien Kelengkapan pengisian resume medis pasien oleh DPJP 100% 73% 83% 89% 94% 93% 94% 90% 91% 94% 90% 92%
10 Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, Surveilance dan Pelaporan Insiden rate phlebitis pada pasien rawat inap <1 0,40% 0.50% 0.30% 1.90% 00% 1,60% 1,30% 2,30% 7,50% 7,10% 6,60%



B. Data Indikator Mutu Area Manajemen Rumah Sakit Rama Hadi Tahun 2019

No Area Indikator TARGET 2019
JAN FEB MAR APR MEI JUN JUL AGU SEP OKT NOV
1 Pengadaan rutin perlatan kesehatan dan obat untuk memenuhi kebutuhan pasien Keseuaian permintaan obat ke supplier 80% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 92% 96% 94% 99% 99%
2 Pelaporan yang diwajibkan oleh peraturan Perundang – undangan Ketepatan waktu pelaporan SIR VI ke Dinas Kesehatan Kabupaten sebelum tanggal 10 Sebelum tanggal 10 Tanggal 7 Tanggal 5 Tanggal 5 Tanggal 4 Tanggal 6 Tanggal 4 Tanggal 4 Tanggal 6 Tanggal 9 Tanggal 8 Tanggal 9
3 Manajemen risiko Kejadian petugas tertusuk jarum bekas pasien 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0% 0%
4 Manajemen penggunaan sumber daya Ketepatan jadwal pemelihaaran AC rawat inap 90% 96% 100% 96% 96% 93% 94% 93% 94% 94% 95% 95%
5 Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga Tingkat kepuasan pasien dan keluarga di unit rawat inap 80% 87% 87% 91% 96% 92% 94% 88% 78% 83% 88% 90%
6 Harapan dan kepuasan staf Angka kepuasan pegawai berdasarkan survey kepuasan 80% Data diambil satu tahun sekali
7 Demografi pasien dan diagnosis klinik Ketepatan pelaporan 10 penyakit terbanyak di Unit Rawat Inap dan Rawat Jalan ke Dinas kesehatan Kabupaten sebelum tanggal 10 Sebelum tanggal 10 Tanggal 7 Tanggal 5 Tanggal 5 Tanggal 4 Tanggal 6 Tanggal 4 Tanggal 4 Tanggal 6 Tanggal 9 Tanggal 8 Tanggal 6
8 Manajemen keuangan Ketepatan waktu tunggu pelayanan kasir pasien umum rawat jalan ≤ 10 menit 90% 96% 95% 98% 92% 93% 98% 93% 95% 96% 96% 95%
9 Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien, keluarga pasien dan staf Kepatuhan paramedic dalam pemakaian APD di unit rawat inap 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 90% 92% 91% 94% 94%



C. Data Indikator Mutu Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit Rama Hadi Tahun 2019

No Area Indikator TARGET 2019
JAN FEB MAR APR MEI JUN JUL AGU SEP OKT NOV
1 Identifikasi Pasien Ketepatan pelaksanaan standar identifikasi pasien pada pemberian gelang pasien untuk pasien rawat inap 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
2 Meningkatkan komunikasi efektif Kepatuhan DPJP dalam melakukan verifikasi setelah melakukan komunikasi verbal / per telepon antara dokter jaga dengan dokter spesialis 100% 97% 97% 98% 93% 84% 90% 78% 79% 78% 71% 76%
3 Keamanan penggunaan obat high alert Kepatuhan penyimpanan obat high alert di ruang rawat inap 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
4 Kepastian benar lokasi operasi, benar prosedur dan benar pasien Kepatuhan pelaksanaan prosedur Site Marking sebelum tindakan operasi 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100%
5 Pengurangan risiko infeksi terkait pelayana kesehatan Presentasi kepatuhan cuci tangan staf unit rawat inap 100% 92% 92% 92% 90% 92% 86% 79% 75% 80% 85% 90%
6 Pengurangan risiko bahaya akibat pasien jatuh Kepatuhan Kelengkapan Pengisian Asesmen Risiko Jatuh Pasien Baru Rawat Inap saat pasien diterima di rawat inap baik dari IGD maupun rawat jalan 100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 73% 68% 73% 48% 63%